Backtest EA

Posted On // Leave a Comment
BAGIAN 1

Backtest merupakan suatu simulasi untuk melakukan test pada expert advisor, baik yang di test bisa berupa jalannya logic expert advisor sudah benar atau belum? atau mengetahui tingkat profitabilitas dan loss dari suatu expert advisor. Backtest menggunakan data-data harga yang telah lampau (sudah terjadi). Langkah-Langkahnya:
  1. Klik pada tombol backtest yang ada di sebelah atas. Setelah Anda mengklik tombol tersebut maka sebuah panel backtest akan muncul dari bawah.
    Backtest EA

  2. Kemudian dari panel Backtest silakan pilih nama expert advisor yang akan dibacktest
    backtest 2

  3. Pilih symbol (pair currency) yang akan Anda gunakan.
    backtest 3

  4. Pilih timeframe yang akan Anda gunakan.
    backtest 4

  5. Untuk menu model pilih "Every tick (the most precise...."
    backtest 5

  6. Optimization tidak perlu dicentang
    backtest 6

  7. Centang pada usedate dan pilih tanggal mulai backtest pada menu from pilih tanggal yang tidak jauh dari hari sekarang, semisal 1 bulan yang lalu. Kemudian pada menu To pilih tanggal hari ini.
    backtest 7

  8. Centang pada visual mode. Jika visual mode dicentang maka nanti akan ada chart simulasi trading, untuk mengatur kecepatan chart bergerak Anda bisa menggeser slide bar kekanan atau ke kiri. Jika ke kanan maka makin cepat chart akan bergerak begitu juga sebaliknya.
    backtest 8

  9. Kemudian klik Start. Metatrader akan mengkalkulasi data-data Anda. Usahakan sewaktu backtest komputer dalam keadaan online, jadi metatrader akan mendownload data secara otomatis apabila data Anda kurang lengkap.
Source

BAGIAN 2 
Bagaimana mengatur kecepatan chart dan bagaimana menambah indikator pada chart simulasi backtest. Mari kita simak bersama:
  1. Setelah Anda menseting konfigurasi backtest pada part 1 tadi maka langkah selanjutnya adalah mengklik tombol start.
  2. Tunggu beberapa menit, metatrader akan mengkalkukasi data-data, kemudian akan muncul chart yang berjalan seperti video dibawah ini.
    backtest EA


  3. Dari video diatas, Anda bisa mengganti pola bar menjadi candlestick atau menjadi line chart. Anda bisa memperbesar gambar chartnya, sama persis ketika Anda melakukan trade manual forward test.
  4. Untuk mengatur kecepatan dari chart Anda bisa mengaturnya dengan menggeser slide bar pada visual mode, atau jika Anda ingin mem-pause chart yang berjalan juga bisa Anda atur dari menu visual mode. Kecepatan chart bisa diatur dari level 1 sampai lever 31 (paling cepat).
    bactest EA

  5. Kemudian cara untuk menambahkan indikator pada chart backtest Anda adalah sama seperti Anda menambah indikator saat trading manual atau bisa juga Anda meng-attach template (setting indikator yang dibuat manual dan disimpan supaya bisa dipakai secara praktis).
  6. Lihat pada panel Navigator Anda, buka/browse pada menu Indicators atau Custom Indicators, kemudian pilih salah satu Indikator yang akan Anda attach di chart. Kemudian atur setting indikator tersebut sesuai keingingan Anda. Klik OK.
    backtest EA

  7. Untuk melihat hasil trading simulasi backtest ini, Anda bisa melihat pada result backtest (history account) dengan cara klik pada tabs result yang ada dibagian bawah dari panel backtest.
    backtest EA


    Setelah Anda mengklik tabs result maka akan muncul hasil trading dari manual backtest (jika EA sudah buka posisi baru bisa muncul hasil tradingnya).

    backtest EA


  8. Tutorial selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan setting EA (takeprofit, stoploss, trailing stop, dll) pada sesi backtest ini.
Source

BAGIAN 3

Bagaimana melakukan setting internal expert advisor mulai dari setting take profit, stop loss, trailing stop, dan lain-lain tergantung pada expert advisor Anda.
  1. Masih dari panel backtest yang ada dibagian bawah, klik tombol Expert Properties.
  2. Kemudian pada tab Testing, atur jumlah deposit initial balance yang ingin Anda simulasikan. Untuk menu pilihan lain selain Initial deposit mohon dihiraukan saja.
  3. Klik pada tabs Inputs (bagian atas), dan kemudian atur setting expert advisor Anda. Untuk setting expert advisor ini, menunya sangat bervariasi bergantung pada expert advisor itu sendiri.
  4. Hanya ubah nilai pada kolom value saja, untuk kolom Start, Step dan Stop mohon dihiraukan.a
  5. Setelah Anda selesai melakukan setting, klik tombol OK dan lakukan backtest lagi.
  6. Silakan lihat video demo dibawah ini:
    backtest EA

Source

0 komentar:

Posting Komentar